Creative Forum: Dirembug Penak #1; Pertemuan dan Perkenalan

Bosan Berisik Lab adalah sebuah laboratorium kreatif yang digagas untuk mengeksplorasi ide-ide, bereksperimen, dan menjadi perantara yang menghubungkan seni dan masyarakat. Kerangka kerja yang digunakan dalam laboratorium ini berlandaskan pada jaringan, serta kebutuhan untuk berbagi pengetahuan dan informasi oleh para pelaku seni maupun masyarakat umum.

Pada tanggal 22 Juli 2018, laboratorium ini dibuka secara resmi bagi masyarakat luas. Bosan Berisik Lab mengadakan acara selamatan dan Creative Forum: Dirembug Penak #1. Kedua acara ini dilaksanakan di Kantor Bosan Berisik Lab, Jl. Dahlia No. 122A, Sono Blotan, Wedomartani, Ngemplak, Sleman. Acara selamatan dilaksanakan dalam rangka memohon berkah untuk berjalannya aktivitas Bosan Berisik Lab di hari yang akan datang. Momen ini melibatkan sejumlah warga yang tinggal di sekitar lokasi kantor untuk doa bersama dan bersilaturahmi. Sedangkan Creative Forum: Dirembug Penak kali itu merupakan edisi perdana yang berbentuk obrolan ringan tanpa topik yang telah ditentukan sebelumnya.

Creative Forum: Dirembug Penak memang dibuka untuk umum dalam rangka memberikan tempat,  mempertemukan orang-orang baru, sekaligus memperkenalkan Bosan Berisik Lab kepada masyarakat luas. Pada kesempatan yang pertama ini, Ismail Basbeth selaku Direktur Bosan Berisik Lab menjadi pemandu obrolan. Sebagai tuan rumah pertama untuk forum ini, ia menyusun beberapa peraturan tersendiri, misalnya dilarang duduk bersama orang yang sudah dikenal. Kiat ini menarik, sebab meski tidak saling kenal saat perbincangan dimulai, ternyata obrolan yang terjadi tidak lantas jadi kaku dan membosankan.

Obrolan yang dimulai sejak pukul 19.30 tersebut berjalan dengan santai, dengan berbagai topik dan bermacam-macam tingkat keseriusan, mulai dari yang ringan hingga yang menguras otak. Karena tidak ada persyaratan apa pun untuk ikut serta dalam acara ini, orang-orang yang datang pun berasal dari latar belakang yang beragam. Siapa sangka, peristiwa ini mempertemukan seseorang dengan yang lainnya; meski baru berjumpa kali itu, mereka bisa membagikan cerita dan hal-hal yang ingin mereka cari. Beberapa dari peserta merupakan orang-orang yang telah lama menekuni bidang kerja kreatifnya. Sebagian yang lain tengah berusaha menemukan inspirasi dan kesempatan untuk berkarya. Creative Forum: Dirembug Penak #1 membuat keduanya punya jembatan untuk terhubung, dan mungkin di kemudian hari bekerja bersama.

Creative Forum: Dirembug Penak direncanakan akan digelar rutin setiap bulannya. Forum ini ingin mencoba jadi salah satu ruang yang nyaman untuk orang-orang datang dan mengobrol. Siapa pun boleh hadir dan membicarakan apa saja di sini. Pun “tuan rumah” untuk tiap edisi akan berbeda-beda, dengan aturan main yang berbeda pula. Apa pun itu, yang jelas Bosan Berisik Lab mendedikasikan forum ini untuk jadi rangsangan lahirnya pertemuan dan kerja kolaboratif lainnya yang berguna bagi sekitar. (Fala)